Gembili Makanan Antioksidan Warisan Nenek Moyang yang Langka - mas-ichal.blogspot.com

Friday, September 6, 2019

Gembili Makanan Antioksidan Warisan Nenek Moyang yang Langka

Kesehatan sangat penting harganya, buat apa kita kaya apabila sakit, kalau kita sakit tapi kaya percuma kita tetap tidak bisa menikmati kekayaan tersebut. Terlebih lagi sekarang adalah era modern dimana sekarang pertumbuhan tanaman dipicu menggunakan obat sehingga efeknya, banyak makanan yang tidak sehat. Bukan hanya tidak sehat lho kawan ternyata makanan yang mengandung bahan kimia bisa menyebabkan penyakit kanker.

Sewaktu mudik saya diberi informasi dan ilmu pengetahuan terkait makanan sehat dan mengandung antioksidan yang langka dan turun temurun dari nenek moyang kita. Makanan itu adalah gembili. Mungkin kalian jarang atau bahkan tidak pernah mendengar makanan gembili ya, namun makanan itu ada. Mertua saya mencarinya di belakang rumahnya dan makanan itu sudah ditanam bertahun tahun lamanya sehingga banyak durinya, nah duri ini disebut kamarung. Kamarung ini termasuk bagian gembili yang melindungi buah ini dari hewan.

Saya juga mendapatkan informasi bahwa gembili dan mengobati dan mencegah kanker, luar biasa kan. Makanan umbi-umbian ini jarang bahkan tidak pernah kita jumpai dijual di pasar manapun, kita harus membudidayakannya sendiri, karena sudah jarang tumbuh dan bibitnya juga tidak diperjual belikan.

Nah waktu itu kami mencarinya hingga mendapat 1o Kg ada. Ada yang kami masak dengan direbus dan dibakar, rasanya enak lho kaya kimpul. Nah  bagi kalian yang sangat berminat dengan gembili kalian bisa mencarinya di desa jabung jatiroto kayen Pati. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys.

No comments:

Post a Comment