Macam-Macam Warak Ngendog Budaya Indonesia Menyambut Lebaran - mas-ichal.blogspot.com

Friday, September 6, 2019

Macam-Macam Warak Ngendog Budaya Indonesia Menyambut Lebaran

Banyak hal yang dilakukan oleh warga Indonesia untuk menyambut Lebaran. Salah satu budaya di Indonesia dalam menyambut lebaran adalah pawai warak ngendok, saya sebenarnya kurang tau sejarah dibuatnya warak ngendog, tapi yang pasti budata atau acara seperti ini sudah lama ada.

Nah bagi yang belum tahu apa itu warak ngendog, saya akan menjelaskannya sesuai dengan wawasan saya, jadi warak ngendog adalah semacam bonek besar yang terbuat dari bambu dan kertas, kalau di bali namanya ogoh-ogoh, nah kalau warak ngedog ini bentuknya bermacam-macam boleh kartun atau yang lainnya, nah warak ngendog dibuat dengan tujuan memberikan semangat atau memeriahkan acara lebaran yang akan diadakan esok harinya.

Nah kebetulan saya ikut lebaran di desa, jadi sempat melihat warak ngendog yang bermacam-macam, dan semuanya bagus-bagus lho. Budya seperti ini bisa kita jumpai di desa-desa, seperti demak, kudus, pati dan rembang. Di sana budaya seperti ini dijaga terus menerus, bukan hanya itu disana setiap tahunnya warak ngendog menjadi semakin bagus dan lebih detail.

Ok guys sampai disini dulu perjumpaan kita, tunggu artikel selanjutnya yah, da dah..

No comments:

Post a Comment