Kegiatan Ikat Padi Sebelum Panen Padi Menggunakan Metode Tradisonal - mas-ichal.blogspot.com

Wednesday, June 26, 2019

Kegiatan Ikat Padi Sebelum Panen Padi Menggunakan Metode Tradisonal

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat pagi teman-teman semuanya pada hari ini saya akan memberikan informasi tentang proses padi menjadi beras. Di beberapa artikel yang saya bahas sebelumnya sudah saya sampaikan bahwasanya proses perubahan padi menjadi beras itu sangat rumit banyak sekali proses yang diperlukan untuk menjadi sebuah beras salah satu proses yang dilakukan agar padi bisa menjadi beras adalah proses ikat padi, proses ini adalah proses atau kegiatan sebelum panen padi.

Proses ini dilakukan sebelum panen padi, kenapa? hal ini bertujuan untuk memudahkan para petani dalam mengambil hasil panennya menggunakan teknik manual karena beberapa artikel yang sebelumnya sudah saya bahas bahwa teknologi modern ini menggabungkan antara panen padi dengan perontok padi untuk menjadi gabah namun masih ada yang menggunakan tehnik manual, jadi padi-padi yang sudah matang diikat terlebih dahulu kemudian baru akan ditebas atau dipotong.

Sebetulnya kegiatan ikat padi ini memudahkan petani untuk menebas padi mereka yang sudah matang atau siap panen, dulu sistem ini banyak sekali digemari oleh petani untuk melakukan proses sebelum panen jadi diikat menggunakan tali atau menggunakan tus potongan bambu itu, kemudian baru mereka tebas dan panen.

Nah itu tadi teman-teman sedikit informasi maupun pengetahuan tentang dunia pertanian walaupun proses ini sudah jarang atau langka kita ketemui, namun proses atau kegiatan ini pernah ada dan pernah bersama dengan petani dan membantu para petani untuk panen. Baik teman-teman semuanya semoga ilmu pengetahuan maupun informasi ini bisa bermanfaat selamat pagi dan selamat beraktifitas.

No comments:

Post a Comment