Cara Flash Asus Zenfone 5 T00F - T00J Karena Botloop atau Stuck Logo - mas-ichal.blogspot.com

Tuesday, January 16, 2018

Cara Flash Asus Zenfone 5 T00F - T00J Karena Botloop atau Stuck Logo

Teman-teman saya banyak sekali mengalami keluhan bootloop pada perangkat androidnya yakni Asus Zenfone 5, Ponsel middle dengan spek yang lumayan tangguh di kelasnya ternyata rapuh pada firmwarenya,entah kenapa atau mungkin karena procesor nya yang sering panas ( maklum Intel Atom ) lalu saya coba bantu mereka dengan memflash nya pada laptop khusus saya Setelah saya coba flash Asus Zenfone 5 tersebut ternyata kembali nyala dengan normal seperti semula dan tentunya dapat digunakan kembali seperti selayaknya, dan pada kasus sebelumnya saya juga pernah mendapatkan kasus yang hampir serupa yakni ponsel Asus Zenfone 5 saat coaba saya nyalakan ternyata hanya muncul logo USB di layar Asus Zenfone 5 tersebut dan alhasil setelah saat di flash Asus Zenfone 5 kembali nyala dengan normal lagi.

Karena sering kali saya mendapatkan permasalahan dengan ponsel bermerek Asus Zenfone 5 mengalami kerusakan pada software nya seperti bootloop atau bahasa lainnya yaitu stuck logo, dan tentunya pada kesempatan kali ini saya ingin menshare salah satu tutorial flashing "Cara Flash Asus Zenfone 5 Bootloop/Stuck Logo" yang dapat kalian coba praktikkan pada perangkat Asus kalian masing-masing dan peluang berhasilnya sih 95% an lah menurut saya tergantung dari mana asal kerusakannya, apa memang Softwarenya yang bermasalah ataukah Hardwarenya yang bermasalah. Cara ini saya gunakan saat melakukan flashing pada ponsel Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot tool atau ABD Sideload yang lumrah digunakan oleh para ahli-ahli flash baik yang professional atau yang pemula.

Agar bisa melakukan flash Asus Zenfone 5 kalian, kalian harus mendownload bahan-bahan yang dibutuhkan agar dapat berjalan dengan sepurna, Silahkan download bahan yang dibutuhkan untuk melakukan flashing Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool atau ADB Sideload dibawah in.

Untuk bisa mendownload firmware ponsel kalian harus menggunakan OS dengan versi Android Lollipop atau harus di turunkan dulu OS Asus Zenfone 5 kalian.

Bahan yang dibutuhkan untuk Flash Asus Zenfone 5
1. Download Driver Android Intel Setup
2. Download ADB Fastboot Tool
3. Download Firmware Asus Zenfone 5 T00F/T00
 Saya rekomendasikan untuk memilih SKU yang sama persis dengan jenis yang kalian gunakan (WW , TW ,CN atau CHT)

Cara Flash Asus Zenfone 5 T00F/T00J Botloop/Stuck Logo

Persiapan di Komputer / Laptop
  • Ekstrak lalu Instal Driver Android Intel Setup di perangkat PC atau laptop kalian.
  • Ekstrak ADB Fastboot Tool.
  • Merubah nama firmware Asus Zenfone 5 yang tadi sudah kalian download tadi menjadi user contoh : UL-ASUS_T00F-WW-3.24.40.87-user rubah menjadi "user", Agar memudahkan kalian saat proses flashing Asus Zenfone 5 nanti via ADB Fastboot Tool. Selanjutnya pindahkan firmware Asus Zenfone 5 tadi yang sudah diganti nama lau jadikan satu ke dalam tulisan ADB Fastboot Tool.
 Persiapan di Asus Zenfone 5
  • Lamgkah selanjutnya yaitu masuk apply update from ADB pada ponsel Asus Zenfone 5 dengan cara menekan serta tahan tombol Volume Up + Power secara bersamaan hingga masuk pada FASTBOOT MODE 
  • Jika kalian sudah masuk dalam Fastboot Mode klik RECOVERY MODE dan gunakan tombol Volume untuk navigasi arah dan tombol power untuk tombol OK, Setelah kalian memilih Recovery Mode Asus Zenfone 5 kalian akan restart sendiri dan akan tampil logo Android.
  • Setelah tampil logo Robot Android lalu tekan dan tahan tombol Power seperti tadi lalu setelah itu tekan tombol Volume Up satu kali lagi, namun jika tidak bisa setelah muncul muncul logo Robot Android teken Volume Down + Volume Up, terus volume up dan lepas, volume down jangan di lepaskan.
  • Setelah berada pada menu recovery klik apply update from ADB.
Proses untuk Flash Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool 
  • Sambungkan perangkat Asus Zenfone 5 kalian ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB ( usahakan yang ori )
  • Jalankan CMD yang ada di dalam folder ADB Fastboot Tool dan double klik dua pada OPEN CMD.
  • Lalu setelah anda masuk ke dalam Comand Prompt jangan lupa kaliam ketikkan perintah "adb devices" ya.
  • Jika seluruh proses diatas sudah kalian jalankan dengan benar dan bain maka Asus Zenfone 5 kalian akan terdeteksi pada PC/Laptop, yang menandakan bahwa Asus Zenfone 5 kalian sudah tersambung dengan perangkat PC dan siap untuk proses flash. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah selanjutnya yaitu ketikkan perintah "adb sideload user.zip" (user.zip ialah sebuah firmware yang kalian rubah tadi namanya)
  • Saat proses berlangsung hasilnya akan seperti gambar berikut ini.
  • Jika proses instalasi finish, maka ponsel Asus Zenfone 5 kalian akan masuk kembali ke menu recovery mode, Lalu pilih reboot system now.
  • Sabar dan tunggu Asus Zenfone 5 sampai berhasil menyala kembali (proses ini butuh waktu yang cukup lama, Menurut pengalaman saya kurang lebih 30 menit gan, tunggu saja hingga Asus Zenfone 5 menyala dengan normal lagi).
Selamat mencoba gan, dan jangan lupa komentar nya.

No comments:

Post a Comment