Masalah yang Sering dihadapi oleh Peternak Pemula pada Saat Budidaya Ikan Gurame - mas-ichal.blogspot.com

Thursday, June 20, 2019

Masalah yang Sering dihadapi oleh Peternak Pemula pada Saat Budidaya Ikan Gurame

Selamat malam teman-teman semuanya, malam hari ini saya akan membagikan curhatan petani ikan gurame, dikala mereka sedang berusaha membudidayakan ikan gurame namun mereka mempunyai permasalahan tersendiri dan mereka belum mendapatkan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

Beberapa minggu yang lalu saya langsung ngobrol dengan petani ikan gurame yang sedang menguras atau sedang melakukan penggantian air pada kolam ikan gurame, disaat itu mereka berkeluh kesah atas hasil budidaya mereka, padahal kalau saya lihat hasil ikan gurame mereka besar-besar, nah apakah kalian tahu keluh kesah mereka sebagai petani ikan gurame?

Bukan masalah besar ikan, namun yang mereka keluh kesahkan adalah bagaimana cara membudidayakan, sampai saat ini mereka sudah berhasil melakukan pembesaran, namun mereka masih bingung bagaimana cara membudidayakannya agar berkembang menjadi banyak, bagaimana cara agar mereka mau kawin dan menghasilkan telur yang banyak dan bisa dibudidayakan.

Nah bagi teman-teman yang mempunyai informasi maupun wawasan cara beternak ikan gurame agar bisa berkembang, bisa membagikan informasi kepada mereka, baik luas tempatnya, kualitas airnya maupun pakannya, semoga informasi yang kalian berikan bisa bermanfaat bagi mereka. Selamat malam dan selamat beraktifitas.

No comments:

Post a Comment