Cara Membuat Terarium Sederhana dari Wadah Plastik Bekas - mas-ichal.blogspot.com

Tuesday, March 12, 2019

Cara Membuat Terarium Sederhana dari Wadah Plastik Bekas

Selamat malam teman-teman semuanya, malam hari ini saya akan memberikan informasi maupun wawasan terkait dunia pendidikan khususnya pelajaran biologi.

Banyaknya materi yang bisa kita pelajari pada pelajaran biologi diantaranya adalah kehidupan alam seperti halnya rantai makanan dan lain sebagainya. Beberapa waktu lalu saya menjumpai teman saya guru biologi memberikan tugas kepada murid-muridnya yaitu membuat terrarium sederhana.

Apakah kalian tahu apa itu terarium? terarium adalah membuat suatu koloni beserta tempat tinggalnya pada wadah yang kecil. Terarium dibuat tanpa adanya sumber makanan, minuman bahkan tanpa adanya oksigen sekalipun, namun hewan-hewan yang berada pada wadah tersebut akan mampu hidup, kenapa? hal ini disebabkan karena di dalam tanah itu ada yang namanya tumbuhan seperti lumut dan sebagainya yang menghasilkan oksigen dari dalam wadah tersebut. Terrarium sangat menarik karena kita seakan-akan melihat suatu alam yang baru suatu hal yang bisa kita amati secara global dan ini baik untuk mengembangkan imajinasi peserta didik.

Nah bagi kalian yang mengajar mata pelajaran terkait dengan alam yang terkait dengan biologi bisa mencoba memberikan tugas untuk siswa yaitu membuat terarium dengan wadah yang sederhana tanpa kita harus mengeluarkan biaya.

Nah cara pembuatannya sederhana kok, silahkan ikuti tutorilanya berikut ini.
1. Silahkan kalian siapkan wadahnya terlebih dahulu, kalian bisa mendapatkannya dari wadah bekas roti tentunya yang transparan ya guys.

2. Silahkan kalian siapkan medianya terlebih dahulu yaitu batu, tanah, rumput, lumut, kayu untuk hiasan dan kemudian berikan hewan-hewan yang sangat kecil seperti cacing dll.

3. Silahkan kalian tata media-media tersebut ke dalam wadah plastik hingga kelihatan sejuk dan enak dilihat seperti hutan rimba. Selesai.

Mudah bukan teman-teman, nah silahkan kalain berikan tugas untuk siswa kalian, hal ini baik karena bertujuan untuk meningkatkan imajinasi siswa, dan bisa mengembangkan daya hemat siswa dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas untuk menjadi hal yang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment