Cara Membuat Timbangan Selang Air dengan Benar Tanpa Gelembung Udara di Dalamnya - mas-ichal.blogspot.com

Wednesday, December 16, 2020

Cara Membuat Timbangan Selang Air dengan Benar Tanpa Gelembung Udara di Dalamnya

Selamat pagi teman-tema,  pagi hari ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat timbangan selang air yang benar agar di dalam timbangan selang air tersebut tidak terdapat gelombang udara yang bersarang.

Fungsi dari timbangan selang air adalah untuk mengukur rata tingkat ketinggian dan hal ini bisa dilakukan oleh air, karena air mempunyai sifat mempunyai sifat mengalir pada semua ruang dan memiliki ketinggian yang sama. Maka dari itu kita bisa menggunakan sifat air ini untuk mengukur dan menentukan ketinggian yang sama antara bagian satu dengan bagian yang lain. Namun jika terdapat gelembung udara atau masih ada ruang udara di dalam air tersebut maka timbangan air tidak akan sempurna atau tidak bisa digunakan secara semestinya. 

Berikut Langkah-langkah membuat timbangan selang air dengan benar tanpa gelembung udara di dalamnya. 
1. Siapkan selang dengan panjang sesuai kebutuhan terlebih dahulu.
2. Tiup bagian dalam selang agar tidak ada udara dan tidak ada air di dalam selang tersebut.
3. Celupkan ujung selang yang satu ke dalam ember berisi air, kemudian ujung yang satunya silakan kalian sedot hingga air masuk di dalam selang dan keluar hingga ujung selang yang kalian sudah tersebut.
4. Jangan gunakan tali atau kawat untuk mengikat ujung selang, karena hal tersebut dapat memungkinkan air tidak bisa bergerak sesuai dengan tempatnya secara sempurna. 
5. Selesai. Selang timbangan air siap untuk digunakan 

Bagi teman-teman yang membuat timbangan selang air sembarangan maka timbangan air tersebut tidak bisa digunakan secara maksimal atau sangat lambat dalam pengukurannya, maka dari itu buatlah dengan cara yang benar maka kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment