Proses Pembuatan Pondasi Rumah Sederhana - mas-ichal.blogspot.com

Saturday, September 21, 2019

Proses Pembuatan Pondasi Rumah Sederhana

Pembuatan rumah pastilah dimulai dari pembutan pondasi. Pondasi yang kuat akan membentuk rumah tersebut menjadi rumah yang mempunyai bangunan yang kokok. Sedikit pengetahuan tentang pembuatan pondasi yang benar. Kenapa saya membahas hal ini? karena banyak juga tukang yang membuat pondasi sembarangan, padahal kita tahu bahwa pondasi itu adalah dasar bangunan, sekali pondasi itu salah maka tunggulah kehancurannya.

Maka dari itu, ketika kita tahu pentingnya sebuah pondasi kita harus mau tahu, kita harus belajar cara pembuatan pondasi yang benar, meskipun kita tidak yang mengerjakan bangunan tersebut, namun kita bisa menasehati apabila ada tukang yang ketika melakukan pekerjaanya tidak benar.

Baik kita akan bahas bagaimana membua pondasi yang benar. Sebenarnya pembuatan pondasi terbuat dari susunan batu-batu besar yang disusun rapi mengelilingi wilayah rumah yang akan dibangun, kemudian direkatkan denga semen dengan komposisi adukan semen dan pasir yang sesuai.
Berikut komposisi takaran untuk adonan pasir, semen dan batu split.
1. Untuk pemasangan bata dinding atau pleseteran atas bisa menggunakan perbandingan 1:6, 1 ember semen dan 6 ember pasir, jika dinding atau plesteran terletak didalam tanah seperti pembuatan kolam atau tandon air permanen maka gunakan takaran 1:4
2. Untuk pengecoran atau pembuatan beton bisa menggunakn perbandingan 1:2:3, 1 ember semen, 2 ember pasir dan 3 ember batu split. Jika pembuatan beton khusus maka menggunakan perbandingan 1:1,5:2,5.

Nah sekarang kita belajar cara pembuatan pondasi rumah.
1. Tarik benang agar siku dengan lebar dan tinggi yang sama dan sesuai agar hasilnya rapi dan siku
2. Silahkan kalian split batu besar menjadi ukuran sedang dan kecil
3. Buat adonan plesteran dengan komposisi, kemudian tuang adonan di tempat pondasi.
4. Tempelkan dulu batu gepeng di sisi kanan dan kiri, kemudian bagian tengah diisi batu split kecil-kecil
5. Kemudian tutup kembali batu dengan plesteran, kemudian haluskan kembali. Selesa.

Mudah bukan, dengan informasi ini semoga kita bisa menjadi pemilik rumah tau bangunan yang cerdas sehingga bangunan atau rumah yang dibuat oleh tukang kita bisa mengerti dan bisa ikut mengawasi untuk hasil yang memuaskan.

No comments:

Post a Comment