Cara Membuat Lumpia dari Pembuatan Kulit Hingga Isi Lumpia - mas-ichal.blogspot.com

Tuesday, September 10, 2019

Cara Membuat Lumpia dari Pembuatan Kulit Hingga Isi Lumpia

Ada hal yang menarik ketika ujian praktik sekolah berlangsung. Ada satu kelompok yang membuat Lumpia, makanan pembuka khas dari kota semarang. Pembuatan lumpia biasanya dikerjakan hanya isian didalamnya, namun kelompok ini membuat dari kulit lumpia hingga isian di dalamnya, sehingga proses yang mereka lakukan rumit dan detail.

Lumpia adalah makanan dengn cita rasa gurih, kriuk dan lezat. Isi lumpia yang paling terkenal adalah olahan rebung, udang dan telor, namun hal tersebut tidak wajib, karena sebenarnya kita bebas memberikan isi di dalam lumpia tergantung dari selera masing-masing.

Berikut ini cara pembuatan lumpia dari awal hingga akhir. Baik langsung saja.
1. Buat kulit lumpia terlebih dahulu, caranya buat adonan terlebih dahulu dari air, tepung terigu, telur, margarin, merica dan air. Aduk hingga merata, kemudian setelah merata tambahkan minyak kemudian aduk bersama adonan hingga benar-benar lembek dan agak cair.

2. Goreng adonan tadi pada teflon, dengan cara dituangkan hingga melebar, sehingga membentuk lingkaran, kalau sudah agak mengeras, silahkan diambil dan diletakkan di tempat yang datar. Sampai disini kulit lumpia sudah jadi.

3. Kemudian buat isiannya, tumis bawang bombai, potongan wortel, potongan kentang, potongan daging ayam dan telur, tumis hingga harum.

4. Racik kulit lumpia dengan isian, isikan kulit lumpia dengan isian yang sudah dibuat, kemudian lipat hingga tertutup rapat.

5. Goreng lumpia hingga kulit dan isiannya matang. Tiriskan dan Lumpia siap disajikan.

Memang pembuatan lumpia ini agak ribet, namun setelah jadi maka lumpia akan membuat kita bahagia. Ok guys sampai disini dulu yah, tunggu artikel resep berikutnya.

No comments:

Post a Comment